Nggak Hanya Jalan-Jalan ke Luar Negeri, tapi dengan Misi Internasional Bersama Dejavato | My Fingers vs The Keyboard

Nggak Hanya Jalan-Jalan ke Luar Negeri, tapi dengan Misi Internasional Bersama Dejavato

Tim Dejavato dan relawan asing & lokal
Tim Dejavato bersama dengan relawan asing dan lokal

Pertama-tama tulisan ini saya buat bukan untuk endorse, hanya mau berbagi informasi untuk teman-teman yang belum tahu tentang Dejavato. Menurut saya, anak muda harus tahu tentang organisasi ini karena sungguh memberi banyak pengalaman keren!

Siapa sih yang nggak ingin ke luar negeri? Saya rasa setiap orang yang punya kesempatan dan mampu, sekali paling tidak dalam hidupnya akan mencoba ke luar negeri. Sayangnya nggak semua orang mampu, maka kesempatan lah yang diperebutkan banyak orang.

Nah, Dejavato merupakan wadah yang menyediakan banyak kesempatan bagi anak muda Indonesia untuk go international dengan beragam kegiatan kerelawanan. Salah satu kesempatannya ke luar negeri yang nggak berisi liburan semata, tetapi juga kegiatan seru luar biasa! Kalian juga bisa mengembangkan kemampuan leadership di berbagai proyek menarik di Indonesia dengan peserta dari beragam negara.

Sebenarnya apa sih Dejavato itu? Dejavato itu merupakan NGO (nongovernmental organisation) atau lokalnya disebut juga LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Dejavato bergerak di bidang kerelawanan internasional dengan fokus utama sosial budaya dan pendidikan. Dejavato berada di bawah naungan ICYE (International Cultural Youth Exchange), jadi Dejavato tidak hanya di Indonesia, namun juga memiliki partner di berbagai negara yang siap menyediakan kamu beragam proyek kerelawanan menarik!

Sukarelawan bukan hanya tentang bencana

Sebelumnya, apa sih yang kalian tahu tentang relawan? Sukarelawan? Betul, orang yang dengan sukarela melakukan sesuatu tanpa pamrih. Seringnya relawan di Indonesia identik dengan terjadinya suatu bencana, padahal relawan itu banyak sekali yang dapat dikerjakan dan tidak melulu tentang bencana.

Di luar negeri kegiatan kerelawanan adalah hal yang biasa dilakukan. Banyak anak muda mengambil gap year hingga satu tahun lamanya untuk menjadi sukarelawan di wilayah-wilayah tertentu. Adapula yang sebentar saja untuk mengikuti workcamp mencari pengalaman dan menambah kawan.

Dejavato menawarkan beragam proyek kerelawanan dan pilihan negara yang bisa kamu ambil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Terkadang ada program dari partner luar semisal Erasmus+ biasanya biaya akan menjadi parsial bahkan kamu hanya menanganggung biaya di awal dan akan di reimburse nantinya. Namanya juga sukarelawan, selalu ada yang harus dikorbankan di awal bukan untuk kebaikan lebih besar? Entah itu pengalaman berharga, kawan karib di masa depan, atau tawaran kesempatan lebih baik dsb.

Tentang Dejavato

Dejavato sudah berdiri sejak 2005, berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kalian bisa kunjungi website DEJAVATO atau akun instagramnya untuk informasi lebih rinci.

 


Selain menawarkan program ke luar negeri, Dejavato juga menerima relawan asing dari berbagai negara. Ya, relawan asing tersebut melakukan kegiatan kerelawanan oleh Dejavato disiapkan proyek sesuai minatnya. Semisal di sekolah menjadi asisten guru, panti asuhan membantu mengasuh anak panti, panti jompo merawat para oma-opa, dll.

Dejavato menerima member lokal yang nantinya diberdayakan untuk jadi local buddy para relawan asing, guru les Bahasa Indonesia, host family (menjadi keluarga angkat relawan asing selama bertugas di Indonesia), menjadi leader workcamp yang diselenggarakan di Indonesia, atau mendapat kelas/workshop tertentu yang diadakan Dejavato bekerja sama dengan partner asing.

Be Ready and Grab the Chance

Pernah nggak sih kalian merasakan bosan dengan jalan hidup yang mainstream? Sekolah dari SD hingga SMA, kuliah, bekerja, menikah, punya anak, hingga kita menua dan mati. Kayanya hidup kok gitu-gitu aja? Saya rasa ikut program Dejavato adalah jawabannya biar nggak mainstream-mainstream banget 😊

Mumpung masih COVID-19 mari menabung dan tingkatkan kemampuan berbahasa. Nanti saat hari esok lebih baik, kita siap ikut program Dejavato yang sesuai dengan keinginan kita.

Saya dulu pernah menceritakan pengalaman bekerja Dejavato, mungkin ada yang mau baca POV mantan staf yang pernah bekerja di NGO Dejavato. Ke depannya saya juga akan tulis beberapa kisah dan pengalaman saya diberi kesempatan luar biasa selama bekerja di sana.

Share:

0 komentar

Please kindly leave your comment with your ID