Badai COVID-19 akan Berlalu Jika Lakukan Ini!

Car Free Day (CFD) di Jalan Pahlawan Semarang. Foto diambil sebelum COVID-19 merebak
Andai saja mencuci tangan dengan sabun secara rutin adalah hal umum yang masyarakat lakukan, saya rasa penyebaran virus COVID-19 akan jauh lebih lambat dan mudah ditangani. Sayangnya, kita baru mulai membiasakannya jika kasus sudah di depan mata bahkan berjatuhan korban jiwa.

Mungkin, tidak mencuci tangan diawali dengan rasa malas gerak untuk sekedar ke westafel. Bagi sebagian orang itu butuh energi ekstra dengan membuka keran air dan melakukan 20 detik langkah mencuci tangan yang benar. Nanti saja, sebentar lagi, eh ndilalah sudah gerayangan pegang macam-macam benda lagi, bahkan berinteraksi dengan manusia lainnya.

Selanjutnya adalah pemakaian masker, baik untuk penderita, petugas medis dan orang sehat  dianjurkan mengenakan masker. Pemerintah Tiongkok sedari awal mewajibkan warganya mengenakan masker dan menyarankan dunia melakukan tindakan pencegahan serupa. Syukurnya, kita cukup beruntung tinggal  di daerah di mana pemakaian masker sudah menjadi kebiasaan, khususnya di lingkungan kota yang banyak polusinya. Saya rasa masyarakat Jakarta dan banyak kota besar di Indonesa kerap kali memakai masker untuk menghindari polusi kota. Sekarang tantanagn pemerintah dan masyarakat yang telah sadar ini untuk menggalakkan penggunaan masker oleh masyarakat lain yang masih asing menggunakannya.

Sayangnya saran pemerintah menggalakkan penggunaan masker tidak dibarengi dengan ketersediaannya. Harga masker dan APD (Alat Pelindung Diri) melambung tinggi. Sehingga dibuatlah rekomendasi masker medis hanya untuk petugas, sedangkan masyarakat akan lebih baik menggunakan masker kain biasa.

Tentu saja yang paling utama dari pencegahan ini adalah social distancing. Kita, sebisa mungkin mengurangi mobilitas agar tidak bertemu secara tak sengaja dengan para carier virus COVID-19 ini. Tetap tinggal di rumah dan hanya melakukan aktivitas di luar seperlunya. Apabila terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah, sesampai di rumah kita harus segera bersih-bersih diri, mandi lebih baik dari sekedar cuci tangan. Di rumah pun kita tetap harus tetap menjaga jarak dengan keluarga terdekat, terlebih kamu yang tinggal dengan kakek atau nenek, orang-orang yang rentan dengan penyakit ini.

Bisa yok bisa !

Sampai hari di mana situasi akan membaik. Yuk, kita lakukan terus menerus pencegahan ini. Bahkan Ketika kelak COVID-19 berlalu ini akan menjadikan kebiasaan bersih nan sehat bagi kita.

Tetap di rumah dan semangat produktif. Oiya, besok Ramadan! Selamat menunaikan ibadah puasa pertama teman-teman😊.

Share:

0 komentar

Please kindly leave your comment with your ID