The Art of Listening to Others

 
Source : (Click)


pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak
n perhubungan

Sebagai seorang introvert, komunikasi di depan orang banyak terlebih orang-orang baru merupakan suatu tantangan bagi saya. Saya lebih memilih berkomunikasi dengan sedikit orang, dan lebih bahagia lagi dengan orang-orang favorit saya. Saya akan mengoceh, menimpali dan dengan senang hati mendengarkan. Jika tidak dengan situasi itu, maka saya akan lebih sering terlihat hemat bicara atau hanya jadi sekedar pendengar yang baik dalam suatu proses komunikasi.

Omong-omong menjadi pendengar yang baik, seni mendengarkan tidak kalah pentingnya dengan seni berbicara dalam komunikasi. Semua orang ingin didengarkan, tetapi tidak banyak orang yang mau mendengarkan, benar-benar mendengarkan dengan sepenuh hati.

Pernahkah kalian berpikir mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan dua daun telinga dan satu mulut? Tentu bukan tanpa alasan. Ya, dengarkan, resapi dan pahami baik-baik suatu informasi dari proses komunikasi, lalu pikirkan, tanggapilah jika memang harus, kadang justru tak perlu, karena kembali lagi bahwa orang-orang hanya ingin didengarkan :)

Share:

0 komentar

Please kindly leave your comment with your ID