Menjejaki Keheningan Pulau Pinus 2

Pulau Pinus 2 yang hening di waktu tertentu bisa jadi tempat yang tepat untuk bermeditasi
Tak hanya Yogyakarta yang memiliki wisata hutan pinus nan sejuk, di Martapura, Kalimantan Selatan Anda mesti berkunjung ke Pulau Pinus 2 yang tak kalah indah di tengah Waduk Riam Kanan. 

Pohon Pinus memiliki banyak manfaat, selain manfaatnya, serangkaian pohon yang membentuk hutan nan sejuk ini, dapat pula menjadi alternatif wisata hijau yang menarik dan tentunya menenangkan dari hiruk pikuk kota.

Beberapa lokasi wisata hutan pinus yang terkenal di Indonesia adalah hutan pinus Imogiri di Yogyakarta, adapula Top Selfie Pinusan Kragilan (dinamakan seperti itu karena kerap kali jadi spot selfie pengunjungnya), lalu di Bogor ada hutan pinus Gunung Pancar Sentul, dan hutan pinus dalam Bumi Perkemahan Bedengan Ledok Ombo di kawasan wisata Poncokusumo, Malang.

Berbeda dari wisata hutan pinus lainnya, pepohonan pinus ini justru membentuk sebuah pulau di tengah Waduk Riam Kanan, yakni Pulau Pinus 2. Waduk Riam Kanan sendiri merupakan waduk terbesar di Kalimantan Selatan, terletak di Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Menuju Pulau Pinus 2 

Pulau Pinus 2 berlokasi di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Jika Anda berangkat dari pusat kota menuju Desa Tiwingan Baru, maka membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit.

Tidak dipungut biaya untuk masuk ke area Waduk Riam Kanan, hanya biaya parkir kendaraan dan transportasi menuju pulau Pinus 2. Sesampai di dermaga Tiwingan Baru, Anda akan ditawarkan berbagai rupa klotok yang mengantar ke pulau Pinus 2. Biaya transportasi berkisar Rp350.000 untuk sekali antar-jemput maksimal 15 orang.

Selama perjalanan menuju Pulau Pinus 2, Anda akan disajikan lanskap menarik mulai dari rumah perahu terapung, pulau-pulau di tengah waduk dan perbukitan (K.N Rosandrani / National Geographic Indonesia)

Perjalanan menuju pulau Pinus 2 dari dermaga Tiwingan Baru memakan waktu sekitar 30 menit, namun sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan menarik, mulai dari pulau-pulau lain di tengah waduk, rumah perahu terapung, dan perbukitan. Bagi Anda penggemar fotografi lanskap dan travel, ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan !

Pepohonan di pulau Pinus 2 sangat rimbun nan sejuk, sesekali kicauan burung bersahutan diiringi desir ombak pinggir pantai. Suasana dengan paket komplit ini sungguh tepat untuk sarana Anda rehat sejenak dari hingar bingar kota.

Di pinggiran pulau terdapat bangku-bangku untuk pengunjung beristirahat. Di salah satu sisi ada satu-dua warung kecil menyediakan makanan dan minuman ringan. Pulau ini juga dilengkapi dengan toilet umum.

Di sisi paling ujung pulau terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pulau Pinus 2 dengan perkampungan warga yang menjadi titik kumpul lokasi pendakian Bukit Batas. Salah satu bukit dengan pemandangan menakjubkan di Kalimantan Selatan.

*Artikel ini pernah dimuat dalam website National Geographic Indonesia pada hari Selasa, 31 Mei 2016 (Klik)

Share:

0 komentar

Please kindly leave your comment with your ID